(0411) 8955014
smk.kehutanan.mksr@gmail.com
Jl. Perintis Kemerdekaan Km 17,5 Makassar
blog-img
08/05/2021

Lahirnya Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar

Admin | Umum

Sampah ada momok terbesar dunia saat ini, berbagai bencana yang terjadi merupakan sebab akibat dari carut marutnya penanganan sampah. Tidak dipungkiri, dilingkup SMK Kehutanan Negeri Makassarpun, sampah menjadi masalah yang harus segera dipecahkan. Dari pemikiran inilah sehingga tercetus pembentukan Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar, organisasi ini diharapkan menjadi pemaksaan agar seluruh civitas akademika di SMK Kehutanan Negeri Makassar bisa berkontribusi aktif meminimalisir sampah anorganik dan menjadikan sampah organik berdayaguna.

Dimulai dengan pembentukan pengelola Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar yang disosialisasikan sesuai SK Pengurus Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar tanggal 28 April 2021, kemudian tepat Jumat tanggal 30 April 2021, Bapak Saharuddin Ridwan selaku Direktur Yayasan Peduli Negeri (YPN) bersama Kepala Sekolah SMK Kehutanan Negeri Makassar Bapak Mukhamad Ari Hidayanto, S.Hut sebagai pembina Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar melaunching lahirnya Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar dipimpin oleh Iskandar Hafid, S.Hut., M.Hut. selaku Direktur Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar. Kemudian tepat dihari yang sama pula Jumat tanggal 7 Mei 2021, dilakukan pembukaan tabungan perdana nasabah, dimana ditandai penyetoran produk sampah yang dihargai setara rupiah yang dibukukan dalam rekening bank sampah.

Besar harapan pengelolaan sampah SMK Kehutanan Negeri Makassar menjadi percontohan minimal dalam lingkup SMK Kehutanan Negeri seluruh Indonesia, diharapkan pula akan lahir ide kolaboratif antara Unit produksi SMK Kehutanan Negeri Makassar dengan Bank Sampah Unit SMK Kehutanan Negeri Makassar sehingga di era yang akan datang lahir peluang bisnis yang manfaat secara ekonomi dan ekologi. Dan semoga hal ini menjadi sumber edukasi tentang 3R (Reduce, ReUse, Recycle) kepada banyak pihak. Lingkungan sehat melahirkan sumber daya manusia yang unggul.

Bagikan Ke:

Populer